SMAN 1 Prambon

Jl. A. Yani No. 1 - Sugihwaras - Prambon - Nganjuk

Maju Bersama, Hebat Semua

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2023

Jum'at, 24 Nopember 2023 ~ Oleh Tri Anggono ~ Dilihat 179 Kali

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya, bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia). Untuk memperingati HGN tahun 2023ini, SMA Negeri 1 Prambon melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional pada Sabtu, 25 Nopember 2023.


Hal yang membedakan dari upacara pada hari lain yaitu pada upacara kali ini yang menjadi petugas adalah Bapak dan Ibu Guru. Kepala SMAN 1 Prambon, Bapak Jainul Munadir, M.Pd. bertindak sebagai Pemimpin Upacara, sebagai penghormatan terakhir sebelum memasuki masa pensiun bapak Drs. Budiono,MM selaku pembina Upacara

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023 di SMA Negeri 1 Prambon berjalan tertib dan lancar. Adapun susunan upacara adalah sebagai berikut:

  1. Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
  2. Penghormatan kepada Pembina Upacara, dipimpin oleh Pemimpin Upacara
  3. Laporan Pemimpin Upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
  5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara
  6. Pembacaan teks Pancasila
  7. Pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  8. Pembacaan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2023
  9. Menyanyikan lagu “Hymne Guru”
  10. Pembacaan doa
  11. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara
  12. Penghormatan kepada Pembina Upacara
  13. Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara
  14. Upacara selesai

 Dalam Upacara tersebut diikuti pula oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII dengan memakai pakaian abu abu putih. Walaupun hari libur untuk memperingati jasa jasa guru dalam hari guru nasional ini, kegiatan upacara ini berlangsung Khitmad. 

Berikut Kutipan amanat pembina upacara oleh Drs. Budiyono,MM 

"Pertama-tama, izinkan saya menyampaikan salam hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru yang hadir di hadapan kita, serta kepada guru-guru di seluruh Indonesia yang merayakan Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional bukan hanya sekadar perayaan atau penghormatan semata, tetapi juga momentum untuk merenung, mengenang, dan menghargai peran serta dedikasi luar biasa yang telah diberikan para pendidik kita.

Guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa telah berperan penting dalam membentuk karakter, membimbing, dan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus bangsa.

Guru bukan hanya sosok yang memberikan pelajaran di kelas, tetapi juga pembimbing yang melangkah bersama siswa dalam perjalanan panjang menuju ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Guru adalah inspirator yang mampu membakar semangat keingintahuan dan kreativitas di dalam diri anak-anak.

Dalam perjalanan panjang pengabdian mereka, guru-guru telah menghadapi berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana hingga dinamika perkembangan pendidikan. Namun, semangat dan dedikasi mereka tidak pernah surut.

Guru-guru adalah garda terdepan dalam upaya mencetak generasi yang cerdas, kritis, dan memiliki nilai-nilai luhur. Sebelum saya mengakhiri pidato ini, izinkan saya sekali lagi menyampaikan terima kasih yang tulus kepada seluruh guru di Indonesia.

Terima kasih atas dedikasi, perjuangan, dan cinta tanpa batas yang telah kalian berikan. Semoga Hari Guru Nasional menjadi momentum untuk kita semua bersatu dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik, maju, dan merata."

Disisipkan pula pemberian penghargaan langsung dari bapak Eko Suyitno, S.Pd, M.SI (Kepala SMAN 1 Prambon). Penghargaan ini diberikan atas dasar inspirasi inpirasi yang dilakukan oleh bapak ibu guru. Apresiasi piagam penghargaan kepada Drs. Suparlan sebagai guru Inspiratif di SMAN 1 Prambon tahun 2023 dengan harapan agar menginspirasi guru guru lain untuk menjadikan SMAN 1 Prambon lebih maju dan lebih baik lagi.

    Tujuannya untuk memeriahkan dan mengingat jasa-jasa para guru. Karena Berkat jasa para guru juga, kita bisa mengenal jendela dunia melalui ilmu yang mereka ajarkan. Tidak heran, jika seorang guru sangat dimuliakan oleh para muridnya. Tidak hanya ilmu pengetahuan, terkadang guru juga dengan penuh rasa ikhlas memberikan kita pelajaran seputar kehidupan melalui petuah bijaknya.

  

    "Harapan kedepannya semoga kegiatan ini bisa meriah, bisa terlaksana lebih baik lagi dari pada yang sekarang, dan juga bisa memberikan motivasi untuk siswa-siswi yang ada di sekolah ini bahwa jasa guru itu pahlawan tanpa tanda jasa yang dimana guru memberikan ilmu kepada muridnya benar-benar ikhlas. " Ucap Eko Suyitno.S.Pd,M.Si.

 

LIVE STREAMING UPACARA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL 2023

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT