SMAN 1 Prambon

Jl. A. Yani No. 1 - Sugihwaras - Prambon - Nganjuk

Maju Bersama, Hebat Semua

Economic Olympiad (ECOLY) Nasional Universitas Negeri Surabaya Rayon Jombang

Selasa, 06 Nopember 2018 ~ Oleh Tri Anggono ~ Dilihat 2157 Kali

Jombang , 4/11/2018, yuhuuu... salam prestasi.. kembali lagi SMAN 1 Prambon mengirim tim ke SMAN 2 Jombang untuk mengikuti ajang bergengsi lagi. Hari minggu yang penuh cerita yang dijalani oleh 10 tim SMAN 1 Prambon yang tergabung dalam tim Olimpiade ekonomi nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya yang merupakan universitas ternama di Propinsi Jawa Timur.

Yupsss. Ecoly Unesa yang lebih sering terdengar di telinga para siswa dan siswi pecinta ekonomi. Olimpiade ini dilaksanakan oleh HMJPE (Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Unesa) ini digelar di seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Sebelum mengikuti acara tersebut peserta wajib melakukan registrasi secara daring (online ) ke situs ecolyunesa.com. pendaftar wajib menyertakan email untuk satu tim dan dikenakan biaya kontribusi sebesar 150.000 per tim. Tak mau kalah SMAN 1 Prambon juga mengikuti ajang bergengsi ini. Kita ber 10 Tim didampingi oleh pembina Ecoly SMAN 1 Prambon Ibu Siti Salamah,S.Pd,M.Si berangkat dari SMAN 2 Jombang pukul 06.00 WIB tak lupa Bapak Sutrisno juga ikut mendampingi. Cek in pendaftaran peserta dimulai pukul 07.00 meliputi pengecekan administrasi dan kartu peserta olimpiade. Dari pihak panitia memberikan pengarahan tentang tata cara seleksi dan pembagian regu menurut paket soal yang akan dikerjakan oleh masing masing tim peserta.

SMAN 1 Prambon terbagi kedalam 2 tim yakni 5 tim untuk paket soal A dan 5 tim untuk paket soal B. Oh iya 1 tim diwakili oleh 2 orang siswi. Tepat pukul 08.00 WIB acara pengerjaan soal olimpiade dimulai dengan durasi pengerjaan 60 soal hanya 60 menit. Hemmmn cukup singat waktu yang diberikan yakni 1 menit per soal. Banyak tim yang mengikuti olimpiade ini untuk rayon Jobang adalah 194 tim dari SMA / SMK se Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

“ Soal cukup update dan memeras pikiran “ jelas Laila salah satu peserta Olimpiade dari SMAN 1 Prambon. Materi yang diujikan meliputi seluruh bab yang ada dalam mata pelajaran ekonomi akutasi mulai dari kelas X , XI dan XII. Kendala lain yang dihadapi oleh peserta adalah waktu pengejaan yang relatif sempit serta terbentur minimnya kemampuan bahasa inggris. “hemmb soal ekonomi berbahasa inggris yang cukup merepotkan , karena saya belum begitu menguasai vocabulary “ terang meisa dengan raut wajah yang cukup kecewa.

Tepat pukul 09.00 waktu pengerjaan telah usai dan proses koreksi jawaban siswa dimulai. Besar harapan seluruh tim SMAN 1 Prambon untuk babak penyisihan ini. Hal yang cukup membanggakan 1 tim dari 10 tim kita masuk untuk mengikuti seleksi semi final. Tim dari LAILATUL YUSRO dan ERI PUSPITASARI dapat mengikuti seleksi yang lebih tinggi lagi besok hari Jumat, 9 November 2018 di Kampus besar Universitas Negeri Surabaya. Kami akan lebih giat lagi menggembleng tim yang lolos seleksi dengan berbagai macam bentuk soal dan penambahan kosa kata bahasa inggris agar lolos menuju babak final Ecoly Unesa ini” terang Ibu SITI SALAMAH,S.Pd,M.Si selaku pembina.

Kabar gembira ini disambut baik oleh Bapak IMAM MUJAHIT,S.Pd,M.SI selaku kepala SMAN 1 Prambon, beliau berharap dengan adanya ajang ini lebih mengenalkan siswa siswi nya tentang universitas negeri di Jawa timur.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT