SMAN 1 Prambon

Jl. A. Yani No. 1 - Sugihwaras - Prambon - Nganjuk

Maju Bersama, Hebat Semua

Penilaian Kinerja Sekolah dan Pembinaan Oleh Pengawas Sekolah

Selasa, 13 Nopember 2018 ~ Oleh Tri Anggono ~ Dilihat 6234 Kali

Selasa, 13 Nopember 2018, SMAN 1 Prambon mempunyai hajat tahunan yakni PKS ( Penilaian Kinerja Sekolah ) yang dahulu dikenal dengan sebutan PKKS ( Penilaian Kinerja Kepala Sekolah). Kegiatan ini merupakan potret hasil kerja sekolah selama satu tahun berjalan. Bapak Imam Mujahit,S.Pd,M.Si selaku Kepala SMAN 1 Prambon menjelaskan Penilaian Kinerja sekolah adalah Penilaian kinerja  kepala  sekolah/madrasah  dilakukan  secara  berkala  setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun; dilaksanakan oleh pengawas sekolah/madrasah; sedangkan Penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik,  tenaga kependidikan, dan komite sekolah/madrasah   dari tempatnya bertugas; Hasil  penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang. Hadir sebagai penilaian kinerja Bapak Drs. Yatijo,MM. Bapak Drs. Sarjono,MM dan Drs. Dani Herdarto,MM  selaku pengawas SMA dan SMK Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk.

 

Rangkaian acara yakni dimulai dengan pembukaan bacaan basmalah, dilanjut dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza, acara ke 3 yakni sambutan Kepala Sekolah oleh Bapak Imam Mujahit,S.Pd,M.Si. Dalam sambutannya beliau berharap kritis dan saran dari berbagai pihak terutama dari Pengawas Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Nganjuk yang bersifat membangun untuk kemajuan SMAN 1 Prambon ke depannya.  

Inti dari kegiatan pembukaan PKS adalah sambutan oleh tim penilai. Dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Drs. Yatijo,MM. Isi penting pesan beliau yakni PKS ini berbada jauh dengan tahun kemarin, perbedaan terletak pada pembobotan kriteria penilaian. “Penilaian oleh Penilai atasan langsung 70%, 10% oleh Guru , 10 % oleh Orang Tua Wali Murid dan 10% diperoleh dari penilaian oleh siswa” jelas Bapak Drs. Yatijo,MM. Penilaian ini bersifat 360 derajat yakni dinilai langsung oleh pejabat penilai kemudian ke bawah oleh warga sekolah.

Instrumen yang dibagikan akan diisi oleh masing masing komponen. Penilaian ini dihadirkan pula 15 orang tua wali murid dan 15 siswa selain dihadiri oleh bapak ibu guru dan karyawan SMAN 1 Prambon untuk mengisi bagaimana kondisi real sekolah. Diakhir sambutan Bapak Drs. Yatijo,MM beliau berpesan dengan adanya PKS ini diharap siswa dalam proses pembelajaran tetap berjalan seperti apa adanya.

Sambutan Pengawas berikutnya oleh Bapak Drs. Sarjono,MM. Beliau mengatakan santai pada suasana Sekolah ini. Tugas kita hari adalah penilaian yang tersenyum. Untuk memecah suasana agar kegiatan ini tidak berjalan membosankan maka harus dirifres. Kinerja sekolah ini bukan berfokus pada penilaian oleh oleh Kepala sekolah saja namun seluruh kegiatan baik administrasi maupun non adminstrasi sekolah. Kita wajib menjaga sekolah ini agar orang tua yang menyekolahkan di SMA ini tidak kuatir. Sekolah ini akan menjamin para siswa untuk mendapatkan pendidikan semaksimal mungkin. Acara pemukaan ditutup dengan doa pukul 09.30 WIB oleh Bapak Mochamad Yusuf,M.Pd

Sebagai Tim penilai SMAN 1 Prambon tahun pelajaran 2018/2019 ini Bapak Drs. Suparlan ditunjuk sebagai ketua pelaksana. Beliau sudah bertahun tahun berpengalaman dalam menghadapi dan mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk penilain kinerja sekolah ini. Secara garis besar team sebagai PKS SMAN 1 Prambon adalah sebagai berikut :

Penanggung Jawab          : Imam Mujahit,S.Pd,M.Si

Ketua                            : Drs. Suparlan

Sekretaris                      : Tri Anggono,A.Ma.Pust

Bendahara                      : Endang Nanik Muji Rahayu

Koordinator Bidang                            :

  1. Kepribadian Sosial ( Saroni,S.Pd,M.Si)
  2. Kepemimpinan Pembelajaran ( Drs. Harnaji )
  3. Pengembangan Sekolah ( Drs. Budiyono,MM)
  4. Manajemen Sumber Daya ( Anisah Nikmah,S.Pd)
  5. Kewirausahaan ( Janinul Munadir,M.Pd)
  6. Supervisi Pembelajaran ( Priyatmoko,S.Pd,M.MA)

Sebagai penjelasan umum Bapak Drs. Suparlan mengatakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas  dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu. Kami team akan selalu bekerja maksimal untuk lancarnya kegiatan ini. hasil yang dicapai dalam PKS ini merupakan raport kita selama kurun waktu 1 tahun. “ Penilaian Kinerja Sekolah sebagai strategi pembinaan untuk kita semakin profesional selin itu merupana penjaminan mutu SMAN 1 Prambon” terang Bapak Ketua Pelaksana yang sehari hari mengajar mata pelajaran Fisika ini.

Rangkaian acara PKS adalah pengisian angket oleh orang tua wali murid. Dalam hal ini 15 orang wali murid diundang secara acak untuk mewakili wali murid kelas X,XI dan XII SMAN 1 Prambon. Petunjuk  pengisian angket dipandu langsung oleh Bapak ibu guru SMAN 1 Prambon dan secara terpusat oleh Bapak Drs. Dani Hendarto,MM. Nilai yang diberikan berkisar diangka 0 sampai dengan 2 dengan kriteria 0 yakni tidak pernah, 1 kadang kadang sedangkan 2 sering.

Penilaian Kinerja Sekolah Mutu

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT