SMAN 1 Prambon

Jl. A. Yani No. 1 - Sugihwaras - Prambon - Nganjuk

Maju Bersama, Hebat Semua

Pelaksanaan PKKS SMAN 1 Prambon 2023

Rabu, 13 Desember 2023 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 174 Kali

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai kinerja dari Kepala Sekolah. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas kerja Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Adapun standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah adalah sebagai pendidik, administrator, supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator. Sementara tujuan dari diadakannya PKKS ini salah satunya adalah untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.

Berdasarkan SK Kacabdin Nganjuk pelaksanaan PKKS SMAN 1 Prambon pada tanggal 7 Desember 2023 , karena terdapat undangan untuk kegiatan laiinya TIM penilai mengundur kegiatan PKKS 2023 pada tanggal 13 Desember 2023. Hadir sebagai tim penilai PKKS yakni Bapak Zamroni, S.Pd, MM selaku KASI SMA, Bapak Priyatno S.Pd pengawas pembina SMA dan Mujianto, S.Pd, MM pengawas Pembina SMA.Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ini bertempat di Laboratorium Kimia SMAN 1 Prambon Mulai Pukul 13.00 WIB. 

Dalam pembukaan kegiatan Kepala SMAN 1 Prambon bapak Eko Suyitno,S.Pd,M.Si memaparkan keberhasilan SMAN 1 Prambon tahun 2023 dan Rancangan kegiatan yang akan dilakukan. Fokus kegiatan adalah ketertiban dan perbaikan dari segi SDM dan prasarana. Peningkatan pelayanan sekolah terhadap keberhasilan pembelajaran siswa. "Mari untuk tingkatkan kinerja kita untuk melayani kebutuhan peserta didik, maksimalkan potensi potensi yang ada demi kemajuan SMAN 1 Prambon" Paparnya. 

kegiatan selanjutnya sambutan pengawas pembina SMA bapak Mujianto,S.Pd,MM yakni Pengembangan softskill peserta didik agar lebih diasah. hal ini dimaksudkan untuk dunia setelah sekolah. Selain Penekanan lulusan ke perguruan tinggi negeri lulusan diharapkan mampu beradaptasi di dunia luar sekolah atau masyarakat terutama persaingan dunia kerja. Selanjutnya penilai 2 bapak Zamroni,S.Pd, M.Si berfokus pada guru harus menguasai teknologi serta memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pembelajaran. 

     

Pada inti kegiatan yakni pengecekan bukti bukti relevan sesuai indikator penilaian kinerja kepala sekolah sesuai dengan kompetensi 1.1 hingga 4.2. bukti-bukti yang ditunjukkan dapat berupa data, dokumen, kondisi lingkungan fisik sekolah, pembiasaan, dan lain-lain yang dapat diidentifikasi. Selain itu, tim penilai juga menggali informasi dari pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan sekolah, seperti guru, pegawai, peserta didik, dan komite sekolah. Penilain mencatat semua bukti yang teridentifikasi pada setiap kriteria penilaian. Terhadap semua komponen perwakilan tersebut dilakukan wawancara oleh para tim penilai. Wawancara ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang penilaian perilaku oleh guru, peserta didik dan orang tua terhadap kepala sekolah selain dari data instrumen yang sudah ada.

 

Diakhir kegiatan adalah refleksi kegiatan oleh tim penilai. Peningkatan prestasi siswa di bidang akademik maupun non akademik agar dipacu lebih maksimal. Bapak Mujianto, S.Pd, MM mengatakan untuk perencanaan berbasis data lebih awal dan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Perencanaan PBD SMAN 1 Prambon semoga menjadi bahan rujukan sekolah lain. Untuk selanjutnya bukti fisik dari PKKS ini sebagai awal pengisian Akreditasi sekolah yang akan direncanakan tahun 2024. Selanjutnya Bapak Zamroni,S.Pd, M.Si memaparkan refleksi fokus pada kegiatan kearsipan dokumen. Dokumentasi kearsipan diaharapkan memanfaatkan teknologi atau komputerisasi. Sedangan penilai 3 bapak Priyatno,S.Pd fokus pada memaksimalkan praktik baik. Perkembangan sekolah penggerak dan guru penggerak semoga meluas ke sekolah sekolah imbas.

 

Rasa syukur dan bangga dirasakan seluruh warga SMA Negeri 1 Prambon karena telah berhasil dan lancar melaksanakan PKKS tahun ini. Harapan dari seluruh warga sekolah adalah mendapat penilaian yang baik. Kegiatan PKKS ini juga diharapkan bisa memberi dorongan semangat kepada semua warga masyarakat sekolah dalam meningkatkan kinerja demi pengembangan mutu pendidikan sekolah SMA Negeri 1 Prambon ke depannya.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT