SMAN 1 Prambon

Jl. A. Yani No. 1 - Sugihwaras - Prambon - Nganjuk

Maju Bersama, Hebat Semua

HASIL ABM 2023

Jum'at, 24 Nopember 2023 ~ Oleh Tri Anggono ~ Dilihat 2408 Kali

SMAN 1 Prambon - Sukses menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada hari Selasa (14/11/2023) sampai dengan Rabu(15/11/2023) di ruang LAB TIK 1 dan 2.

Kepala SMAN 1 Prambon, Eko Suyitno,S.Pd,M.Si mengatakan, ABM ini merupakan upaya dari pemerintah untuk melakukan pemetaan bakat dan minat siswa. Harapannya, hasil ABM ini bisa memberikan gambaran kepada siswa tentang potensi yang ada di dalam diri mereka sehingga kenyamanan dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran bisa terbentuk dan persiapan pemilihan jurusan saat melanjutkan ke perguruan tinggi yang dicita citakan.

“Pelaksanaan ABM di SMAN 1 Prambon sendiri merupakan asesmen perdana. Dan ini adalah upaya pemerintah secara sistematis dan terstruktur agar dapat membuat program-program yang bisa menunjang potensi siswa,” jelas Kepala SMAN 1 Prambon.

Menurut Beliau, hasil ABM ini juga bisa menjadi data untuk sekolah dalam mengadakan program-program kegiatan yang menunjang minat dan bakat siswa.  "ABM ini disamping sebagai asesmen dari pusat, hasil datanya juga bisa menjadi rujukan sekolah dalam melakukan bimbingan karier agar ke depan nanti, ketika anak-anak kami berkuliah maka mereka sudah mampu menentukan pemilihan jurusan sesuai dengan potensi, minat juga bakat mereka,” ucapnya

Selanjutnya, Waka Kurikulum SMAN 1 Prambon, Nindya Vega Permata,M.Pd mengatakan, ABM perdana tahun ini berjalan lancar dan tertib meskipun ada beberapa masalah teknis ketika pelaksanaan ABM. “Pelaksanaan ABM tahun ini di SMAN 1 Prambon terbilang perdana. Karena perdana maka dalam pelaksanaannya, masalah yang kami hadapi adalah masalah-masalah teknis seperti, koneksi jaringan dari klien ke server ABM yang cukup lambat dan sering terputus serta sering terjadi white screen, namun kendala tersebut diatasi” tuturnya.

Ibu Vega menambahkan bahwa sebenarnya ABM perdana tahun ini bisa diikuti oleh siswa kelas XII yang berminat sesuai pendataan berjumlah 207 siswa, dan dijadikan ke dalam 3 sesi pelaksanaan

Untuk diketahui, SMAN 1 Prambon melaksanakan ABM tahun ini, mengacu pada Juknis pelaksanaan asesmen bakat minat dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sebagai informasi, ABM sendiri merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

ABM juga bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. Tujuh aspek yang diukur dalam ABM yaitu aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu. 

Selanjutnya Hasil ABM masing masing peserta didik dapat dilihat pada link berikut. 

AIDA FAIZAH
APRELIA
Apsari Aditya
Arman Maulana
Cecilia Narita
Dedy Setiawan
Deva Oktaviana
Dodon Setiawan
Dwi Nur Fitriana
EKA APRILINA
Eka Eza Styorini
Hisan Abdillah
Moh Ridwan
MUZZAMMIL
NUR WAKHID
NURHAYATI
PUTRI ANDINI
Radid Wiradiva
RESA VAULINA
RIZA FITRIANA
Safa hamida
Tri Cahyati
WIJI FITRIO
Winarti
ZUNIKA SARI

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT